Belajar News Anchor Bersama Putri Ayuningtias




Menjadi seorang news anchor harus diawali dengan menjadi seorang jurnalis. Seorang jurnalis tidak menjadi news anchor dalam waktu sekejap. Diperlukan proses panjang dalam penggapaiannya.

"Jangan bercita-cita menjadi news anchor tapi bercita-citalah menjadi jurnalis profesional, menjadi news anchor itu adalah sebuah reward dari kerja keras. " ungkap Putri Ayuningtyas, news anchor CNN.

News anchor tidak hanya bertindak untuk sekedar membaca berita yang disiarkan di televisi namun juga ikut serta dalam produksi pembuatan berita.  Ikut terjun langsung kelapangan, mencari data, melakukan riset dan analisis, serta menuliskan berita merupakan kegiatan yang dilakukan oleh news anchor.

Banyak membaca sangat disarankan oleh mantan jurnalis metro tv itu bagi seorang jurnalis termasuk news anchor.

" Biasakan setiap hari baca sebuah buku atau berita mengenai apapun, saat kita membaca wawasan kita akan bertambah dan itu sangat diperlukan bagi kita selaku jurnalis. "


Kenali juga apa yang anda sukai dan tekuni serta dalami. Saat kita menekuni dan mendalami hal yang kita sukai akan membantu kita untuk menemukan passion kita. Hal tersebut akan sangat berguna bagi para calon jurnalis.

Hal lain yang dibagikan oleh ibu anak satu itu adalah persiapan yang dilakukan oleh news anchor saat akan menyiarkan berita.

"Biasanya saya sebelum siaran akan mempelajari dulu berita atau hal apa yang akan saya bawakan. Saya akan melakukan riset terhadap berita tersebut, mengganti kata-kata yang ada dengan kata-kata yang nyaman bagi saya." ujar jurnalis berumur 30 tahun itu.

Selain itu, persiapan lain yang diperlukan juga menyiapkan pertanyaan-pertanyaan jika ada segmen wawancara, memilih wardrobe, serta yang utama menyiapkan mental.



Mata kuliah : Jurnalistik Online
Dosen : Aska Leonardi

Comments

Popular Posts