Mengintip Usahid Jurnalistik Fair 2017


Jakarta - "Digital Media Go Infinity and Beyond" itulah tema seminar dari event tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurnalistik Universitas Sahid Jakarta. Dalam event Jurnalistik Fair 2017 ini menghadirkan Editor Showbiz/Lifestyle Liputan6.com, Hernowo Anggie dan Editor Nasional Goal Indonesia, Muhammad Adnan Rais.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Jurnalistik Fair 2017 yang dilanjutkan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Jurnalistik serta oleh Ketua Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid. Para peserta seminar datang dari berbagai kampus, sekolah menengah atas, dan juga para mahasiswa Univeristas Sahid.

Seminar yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2017 itu membahas mengenai media online dan alur berita serta cara menulis berita yang menarik. Bahasan pertama disampaikan oleh Hernowo Anggie. Ia mengatakan dalam era serba modern dan canggih media digital menjadi sebuah media baru yang mendominasi informasi dan dapat menggeser kedudukan media cetak.

Akses yang luas, daya serap informasi yang cepat, tidak mengeluarkan banyak biaya serta praktis membuat media digital atau media online menjadi salah satu media yang disukai oleh masyarakat. kehadiran media online juga merupakan  sarana citizen journalism, yaitu masyarakat dapat menjadi jurnalis yang menyampaikan informasi maupun beragam berita kepada khalayak luas.

Bahasan kedua disampaikan oleh Muhammad Adnan Rais. Alumni univeristas Sahid itu menyampaikan mengenai alur sebuah berita dari mulai rapat redaksi, pengumpulan fakta dan data oleh reporter di lapangan hingga proses editing dan akhirnya berita diterbitkan atau ditayangkan.

Tak hanya mengenai alur berita, Ia juga menyampaikan bahwa dalam penulisan sebuah berita, judul merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah berita. Judul yang menarik, akan membuat berita tersebut banyak dibaca oleh masyarakat. Judul berita dapat ditulis biasa dapat juga ditulis menggunakan kutipan dari seseorang yang merupakan narasumber dari berita tersebut. Judul berita harus menggambarkan isi berita.

Setelah materi seminar selesai disampaikan, Adnan Rais meminta para peserta untuk menjadi seorang reporter yang sedang menghadiri Pers Conference Persija Jakarta yang akan melawan Persib Bandung. Para peserta diminta untuk mengajukan pertanyaan dan secara langsung membuat sebuah berita mengenai Pers Conference tersebut.

Acara yang dilangsungkan di aula universitas Sahid ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba menulis berita online, pemenang berita yang ditulis secara spontan pada hari itu, serta dengan hiburan band akustik.



Mata kuliah : Jurnalistik Online
Dosen : Aska Leonardi





Comments

Popular Posts